Kabar dari Negeri Dingin untuk Cianjur, 1939

Bupati Cianjur R.A.A.A Soeria Nata Atjmadja (Raden Abas) bersama istri ketika di Eropa (dok. Al-Moe’min)

Halaman utama surat kabar Al-Moe’min edisi tahun ke VIII No. 19, 16 Mei 1939 memuat berita bertajuk “Chobar Nagri-Dingin”. Berita ini khusus dimuat oleh pimpinan redaksi surat Al-Moe’min, Wira Sendaja (Wira Senjaya) atas permintaan sanak saudara Bupati dan masyarakat yang telah lama ingin mengetahui kabar Bupati Cianjur itu. Tampak potret Bupati Cianjur R.A.A.A. Soeria Nata Atmadja yang tengah berada di “negeri dingin”, Eropa, bersama istrinya mengenakan busana ala bangsa Eropa.

Dilaporkan ia bersama istri dan anaknya telah melakukan perjalanan selama sepuluh bulan bepergian di Eropa. Beberapa tempat di Eropa yang dikunjungi olehnya antara lain Brussel, Paris, Berlin, Bern, dan London. Sanak saudara dan segenap masyarakat Cianjur mendoakan Bupati dan keluarga selama dalam perantauan itu,

Sabot mantenna sapoetra garwa aja di nagri dingin teh aja berkah pangdoenga abdi-abdina katotet kada wargina, damang teu kakoerangan naon2.

Rencananya, perjalanan pulang akan berkunjung ke wilayah Prancis selatan, Riviera, bermalam di Nice dan di Monaco. Kemudian kembali ke tanah air dengan kapal “Johan van Oldenbarnevelt” dari pelabuhan Villefrance atau Genua pada tanggal 23 atau 24 Juni (1939). Sedangkan tiba di pelabuhan Tanjung Priuk pada tanggal 13 Juli 1939.

Namun ada hal yang membuat mereka menyesal, yaitu keinginan mereka untuk melaksanakan haji tampaknya tidak bisa terlaksana karena musim haji belum tiba. Selain itu, karena tugas belajar yang cukup padat, sehingga tidak ada waktu yang leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *