Kedatangan Pucuk Pimpinan Gerakan A. A. A. di Cianjur

Berita dalam surat kabar Asia – Raya terbitan edisi Tahoen Ke 1 Djoem’at 29 Mei 2602No. 30 menyebutkan bahwa pada hari Minggu tanggal 31 Mei 2606 (1942) Mr. R. Samsoedin, pucuk pimpinan Gerakan A.A.A. di Jakarta akan datang ke Cianjur untuk kepentingan propaganda gerakan A.A.A.

Dikutip dari Wikipedia (19/06) Gerakan A.A.A. adalah sebuah propaganda dari Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II dan pada masa Pendudukan Jepang di Indonesia. Isi propaganda yaitu mengklaim bahwa Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya untuk membebaskan seluruh Asia dari penjajahan bangsa Barat.

Mr. R. Samsoedin yang dimaksud adalah Raden Sjamsoeddin yang merupakan Wali Kota Sukabumi pertama. Pada masa pendudukan Jepang, ia diangkat menjadi ketua Gerakan 3A yang berkedudukan di Jakarta. Kiprahnya sangat banyak dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Mengutip keterangan dari PUI Jabar, Syamsuddin, lahir pada tanggal 1 Januari 1908, di Kaum Sukabumi. Sekolah Agama di Sukabumi 1915, Sekolah ELS (Europesche Lagere) di Sukabumi tahun 1926, AMS (Algemene Middelbare School) di Bandung tahun 1929, RH (Rechtoge School) Universitas Leiden Bagian Hukum di Belanda, Lulus (Predikat Cum Laude) pada tanggal 4 Oktober 1935. Ia merupakan putra dari Hoofd Penghulu Sukabumi, R.H. Ahmad Juwaen.

Kedatangan Poetjoek Pimpinan A.A.A.

Menoeroet keterangan fihak jang bersangkoetan nanti hari Minggoe pagi tanggal 31 Mei jang akan datang ini toean Mr. R. Samsoeding, pemimpin gerakan A.A.A. di Djakarta akan datang di Tjiandjoer. Kedatangan beliau ini oentoek kepentingan gerakan A.A.A. Kita sebeloemnja dapat membajangkan kalau nanti pendoedoek akan menjamboet sebesar-besarnja akan keondjoengan mr. samsoedin ini, karena mereka telah lama sekali menanti-nantikannja.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published.