Apa Sih Internet Marketing Itu?

image: muneebfarman

Belajar dari awal tentang digital marketing, ternyata agak mulai bingung juga dengan macam-macam istilah. Yang paling menarik perhatian saya adalah istilah “internet marketing” dan “digital marketing”. Awalnya saya kira sama saja, sebab dua-duanya bergelut dalam media digital. Mungkin itu juga yang ada di benak teman-teman yang mau merintis bidang ini, kan?

Setelah sedikit demi sedikit-sedikit tentang kedua istilah itu, ternyata ada beda yang cukup kentara. Apa bedanya? Dan apa persamaannya? Tulisan ini hanya bentuk sharing saja dari apa yang saya peajari dari waktu yang singkat ini. Kali ini saya akan mengulas istilah internet marketing terlebih dahulu.

Tapi, sebelumnya saya mohon maaf jika masih banyak kekurangan atau kekeliruan dalam ulasan ini. Koreksi dari pembaca sekalian sangat ditunggu untuk memberikan informasi yang lebih tepat tentang materi ini.

Istilah Internet Marketing

Internet marketing atau “pemasaran internet” adalah istilah inklusif dalam memasarkan produk atau jasa secara online atau “daring”. Oleh karena itu “internet marketing” disebut juga sebagai “online marketing” Di dalamnya termasuk juga berbagai cara dan platform yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, seperti situs web, email, media sosial, dan iklan daring.

Jadi, internet marketing sangat mengandalkan ketersediaan akses internet sepanjang waktu. Kenapa? Karena, ketika jaringan internet terputus baik dari sisi server, client maupun user, maka proses transaksi informasi berupa produk digital dan finansial menjadi terhambat.

Apa saja produk internet marketing?

Dalam internet marketing umumnya produk yang dijadikan andalan adalah produk-produk dalam bentuk data digital, seperti desain gambar, font, e-book, audio, template website, plugin website, video tutorial dan sebagainya. Pada intinya yaitu produk ‘abstrak’ yang tidak bisa disentuh atau dipegang langsung (karena bentuknya file digital) untuk disimpan dan disebarluaskan melalui transaksi di jaringan internet.

Selain itu, ada juga produk jasa atau layanan yang “saling menguntungkan” berupa afiliasi. Kegiatan ini biasa disebut dengan affiliate program. Secara sederhana program ini memerlukan dua belah pihak. Pertama, pihak penyedia layanan afiliasi. Kedua, pengguna layanan. Penyedia layanan program afiliasi memberikan penawaran keuntungan kepada pengguna layanan berupa komisi, poin, atau hadiah, tergantung syarat dan ketentuan yang diberikan saat perjanjian. Pengguna layanan akan mendapatkan profit dari transaksi digital pada penyedia layanan berupa komisi.

Komisi ataupun profit dalam program afiliasi untuk penggunanya ada bermacam-macam, yang cukup populer adalah profit berdasarkan Cost-Per-Click (CPC) dan Cost-Per-Sale (CPS). CPC memungkinkan pengguna mendapatkan bayaran atas setiap klik produk yang disebarkan oleh penggunanya. Nilainya dihitung menggunakan algoritma yang kompleks (termasuk jenis iklan, negara pengiklan, negara yang membuka iklan dll.). Contoh yang paling populer untuk jenis ini adalah Google Adsense.

Model afiliasi CPS agak berbeda, yaitu komisi akan diberikan kepada pengguna jika terjadi transaksi penjualan atas produk yang ditawarkan dalam program afiliasi itu. Walaupun jumlah kliknya banyak, tetapi tidak terlalu berpengaruh terhadap profit yang dihasilkan sebelum terjadi penjualan produk atau layananya. Banyak perusahaan e-commerce yang menawarkan program afiliasi ini. Keuntungan dan persyaratannya juga beragam. Kita bisa memilih sesuai dengan yang kita inginkan dan mampu untuk dijalankan dengan baik.

Saya sendiri mulai menggunakan program afiliasi dengan layanan Niaga Hoster, yaitu sebuah penyedia jasa internet. Untuk ikut mendaftar program program afiliasi dari Niaga Hoster, kita harus menjadi member atau pengguna layanan dari Niaga Hoster dulu. Bisa berupa pembelian produk domain, hosting dan sebagainya. Saya juga menggunakan domain dan hosting dari Niaga Hoster, sehingga bisa mengikuti program afiliasi ini. Kalau dilihat dari testimoni-testimoni partner yang telah berafiliasi dengan Niaga Hoster, tentu sangat menggiurkan. Bahkan ada yang dapat ratusan juta rupiah dalam waktu singkat!

Eits, jangan terlena dulu dengan penghasilan seperti itu, ya. Kenapa? Karena mereka sudah menggeluti dunia internet marketing sejak lama dan menggunakan segala macam metode marketing untuk meningkatkan profitnya. Nah, kalau mau ikutan program ini, cepetan deh daftar dulu layanan Niaga Hoster untuk membangun blog atau website kamu, dan mengaktifkan layanan afiliasi di panel Member Area.

PHP Dev Cloud Hosting

Untuk kamu yang mau daftar, yuk gabung sekarang juga. Niaga Hoster memberikan diskon sampai 75% untuk pengguna baru layanannya. Masih kurang? Kamu bisa pakai kupon ini: KAIRAGA, dan dapatkan ekstra diskon 5% untuk pengguna baru. Tunggu apa lagi? Yuk buruan daftar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.